Jumat, 19 April 2013

ISTILAH-ISTILAH DI KESEHATAN (AKBID GORONTALO)


Oleh : Aminah
1.       Insiden adalah jumlah kasus penyakit dimulai, atau kematian terjadi, selama suatu periode tertentu pada populasi tertentu.
2.       Prevalensi adalah seberapa sering suatu penyakit atau kondisi terjadi pada sekelompok orang. Prevalensi dihitung dengan membagi jumlah orang yang memiliki penyakit atau kondisi dengan jumlah total orang dalam kelompok.
3.       Rate dalam bahasa Indonesia adalah suatu kecepatan.
4.       Rasio adalah (1) Pemikiran menurut akal sehat; akal budi; nalar. (2) Hubungan taraf atau bilangan antara dua hal yg mirip; perbandingan antara berbagai gejala yg dapat dinyatakan dng angka; nisbah: di sekolah ini -- murid laki-laki dan perempuan adalah 2:1.
5.       Proporsi adalah perbandingan: -- antara yg lulus dan yg tidak lulus adalah tiga dng dua; (2) bagian: pemerintah merasa perlu menempatkan fungsi pengawasan pd -- yg semestinya; (3) perimbangan: sesuai dng –
6.       Rasio odds (odds ratio) adalah perbandingan kemungkinan peristiwa terjadi dalam satu kelompok dengan kemungkinan hal yang sama terjadi di kelompok lain. Rasio odds adalah ukuran besarnya efek dan umumnya digunakan untuk membandingkan hasil dalam uji klinik.
7.       Risiko relatif adalah perbandingan risiko peristiwa tertentu pada kelompok-kelompok orang yang berbeda. Risiko relatif (RR) biasanya digunakan untuk memperkirakan paparan terhadap sesuatu yang dapat mempengaruhi kesehatan. Dalam studipenelitian klinis, kelompok eksperimen mendapatkan obat atau perawatan tertentu.Kelompok kontrol tidak. Jumlah kejadian dalam setiap kelompok dibandingkan untuk menentukan risiko relatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar